Pungkas B. Ali: “Indonesia Synergy, Merajut Potensi dan Pemikiran Mahasiswa”

Dari penata kata:

Ah, rasanya sudah lama tak menyapa pembaca. Sibuk dan sibuk adalah alasannya. Kali ini, ijinkan saya memforward tulisan dari seorang tokoh mahasiswa di Australia: Pungkas Bahjuri Ali.

Nama Pungkas sesungguhnya sudah tak asing bagi warga Canberra, atau bahkan Australia? Ia aktif berorganisasi. Ia pun aktif ‘mencipta organisasi’. Bursa Canberra yang terkenal itu adalah salah satu kreasi Pungkas. Mungkin tanpa ia duga, Bursa tersebut kemudian banyak membantu para pendatang baru di Canberra, atau juga para ‘pendatang lama’.

Lebih jauh, Pungkas, bersama teman lainnya, mendirikan Indonesia Synergy sebuah kelompok diskusi yang egaliter dan bersifat guyub. Baru enam bulan berdiri, puluhan diskusi telah digelar, mencerahkan mahasiswa dan siapapun yang ingin bertukar gagasan.

Di bawah ini adalah tulisan Pungkas mengenai IS. Beberapa minggu yang lalu, ia (dan pengurus lainnya) sudah undur diri. Koordinator saat ini adalah Fitrian Ardiansyah dan Adi Budiarso, mahasiswa PhD di ANU dan UC, respectively (apa ya Bahasa Indonesia-nya?:) yang tak kalah hebat. Profil mereka menyusul yaaa:).

Selamat membaca. Semoga menginspirasi para mahasiswa, untuk terus berkarya, menjadi duta, bagi Indonesia.

***

Image

Indonesia Synergy:  Merajut Potensi dan Pemikiran Mahasiswa

 

Oleh Pungkas Bahjuri Ali

 

Mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di berbagai perguruan tinggi di Australia mempunyai latar belakang yang cukup beragam, baik dari status perkerjaan maupun bidang ilmu yang dipelajari. Banyak yang berlatar belakang akademisi, birokrat, wirausaha, aktivis di lembaga swadaya masyarakat, lembaga penelitian, politisi, pengamat,  dan lembaga internasional dan lain sebagainya. Dari statusnya, banyak yang masih baru memasuki dunia kerja ataupun belum bekerja. Namun lebih banyak lagi yang telah mengenyam pengalaman yan cukup panjang di Indonesia.

Dari itu semua, ada satu kesamaan yaitu statusnya sebagai mahasiswa. Ketika menjadi mahasiswa, mereka mempunyai independensi yang cukup kuat, idealisme kembali muda, tetapi mempunyai landasan akademis dan logis dengan kemampuan mensitesa berbagai femomena. Tiga hal ini, ilmiah, independensi dan pengalaman, bisa menjadi kekuatan yang luar biasa.

Indonesia Synergy (IS) muncul sebagai sebuah forum yang mencoba merajut ketiga potensi luar biasa tersebut dengan membentuk jaringan, menyuarakan pikiran dan menuangkan ke dalam berbagai diskusi dan tulisan. Selain itu IS mencoba membangun jaringan informal (network) yang bisa berlanjut bagi kepentingan mahasiswa dan kepentingan nasional pada umumnya.

Indonesia Synergy berdiri pada tanggal 1 November 2011 dari hasil ngumpul dan ngobrol  beberapa mahasiswa Indonesia di Canberra (Pungkas, Faried, Adrian, Alif, Budi, Adi, dan Bagus). Kegiatan utama IS adalah mengadakan diskusi, dengan tema-tema populer namun berlandaskan pada pemikiran logis dan ilmiah. Dalam diskusinya, selain menggali pemikiran mahasiswa, IS juga sering menghadirkan pembicara dan berdialog dengan berbagai tokoh Indonesia yang sering mampir di Canberra. 

Kegiatan lain adalah ‘penyimpanan’ (repository) hasil pemikiran mahasiswa, baik berupa artikel populer yang diterbitkan oleh berbagai media, resensi, hasil konferensi, tulisan bebas sampai dengan kumpulan essays tugas kuliah. Berbagai workshop dan seminar untuk pelatihan menulis di media juga telah dilakukan.

Hingga saat ini sambutan khalayak dari segala lapisan cukup baik dan antusias, termasuk dari masyarakat umum non-mahasiswa sekitra Canberra dan setiap forum diskusi. Dalam kegiatannya, Indonesia Synergy bekerjasa sama dengan PPIA ACT, PPA-ANU dan PPIA UC serta Keduaaan Besar Indonesia di Canberra.

 Sebagai sebuah forum, Indonesia Synergy mencoba menjadi sebuah lembaga yang cair yang dapat mensinergikan berbagai pemikiran mahasiswa Indonesia, dan berharap menjadi pemacu bagi pembangunanan Indonesia. Dalam usianya yang masih sangat muda ini, IS – sebagai sebuah forum yang terbuka – dengan senang hati menerima saran dan masukan mengenai tema, pembicara dan menerima tulisan-tulisan mahasiswa dari mana saja.

Pengurus periode pertama IS adalah Pungkas B Ali (Koordinator), Adi Budiarso, Faried Saenong, Bimo Widjayanto Lutfi Makhasin dan Rahman Abduroham (Materi dan Content), Yasmi Adriansyah & Budi Kurniawan (Web Editor dan repository), Bagus Ismujati (Diskusi), M. Alief Habibie (Humas), dan Liaison officers (Ratih, Stefanus Sampe, Alief Habibie)

 *** Blog: http://indonesiasynergy.wordpress.com; facebook: Indonesia Synergy; email:indonesiasynergy@gmail.com

 

2 responses to “Pungkas B. Ali: “Indonesia Synergy, Merajut Potensi dan Pemikiran Mahasiswa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s