Zubaidah Djohar: Penguntai kata indah nan penuh makna

Image

Hadirin dibuat terpana. Jarang sekali mereka mendengar ini. Sejumput kata dalam untaian puisi penuh makna meluncur indah. Tak hanya indah, namun cahaya kemanusiaan terasa terang memancar dalam ruang pendengaran siapapun yang hadir.

Setelah hampir setahun bermukim di Australia, baru untuk pertama kalinya saya mendengar ada penulis, penyair, dan pelantun kata-kata indah-bermakna. Tepatnya ia ada di dekat kita.

Sang penyair itu bernama Zubaidah Djohar. Dalam sebuah ‘wawancara’, secara rendah hati ia menyebut diri sebagai seorang penulis. Namun ketika dikejar lebih jauh, jati dirinya yang lebih presisi adalah peneliti, penulis, sastrawati dan penggiat kemanusiaan.

Zubaidah mungkin seorang yang rendah hati. Namun ia ternyata banyak menorehkan kontribusi. Pelbagai hasil penelitiannya yang bertema sosial-politik dan perdamaian telah meninggalkan rekam jejak di beberapa buku dan jurnal.

Tak hanya itu, ia aktif mengisi pelatihan kepemimpinan politik dan perdamaian di Aceh. Dan kita semua tahu betapa mahal harga perdamaian di bumi Serambi Mekah. Sedikit banyak, Zubaidah mungkin telah berbagi di sana.

Lebih jauh, karya ilmiah dan puisi-puisinya tersebar di berbagai media cetak dan elektronik, seperti Kompas dan Serambi Indonesia. Luar biasa.

Image

Saat ini, Zubaidah tengah mempersiapkan penerbitan novelnya yang berlatar Aceh. Sebuah novel yang saya yakin banyak dinanti. Sementara belum lama ini, Februari 2012 lalu tepatnya, ia telah melahirkan sebuah antologi puisinya yang berjudul ‘Pulang, Melawan Lupa’.

Khusus untuk ‘Pulang, Melawan Lupa’, Canberra mendapatkan kehormatan karena pada tanggal 1 Mei, di ANU, Law Sparke Helmore T2, kota tersebut akan mendengarkan langsung dari Zubaidah. Termasuk apapun isi hatinya.

Selamat kepada Zubaidah. Selamat kepada rakyat Aceh. Selamat kepada Indonesia. Jumputan kata indah nan penuh makna dalam untaian puisi tersebut, insya Allah, akan lekang, menumbuhkembangkan rasa kemanusiaan.

Bagi siapapun. Sampai kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s