Fey Down: Wow, Ratu Elizabeth telah kupotret dalam jarak begitu dekat!

Image

Image

Dari Editor:

Fey Down, atau Bunda Fey, adalah penulis Indonesia yang berdomisili di Australia Barat. Ia aktif menulis, khususnya guna berbagi pengalaman hidup, dan semangat. Ia merencanakan akan menerbitkan buku mengenai hal itu.

Di bawah ini adalah salah satu ‘jepretan’ Fey Down dalam salah satu momen bersejarah di Australia.

Teruslah menulis dan berbagi, Bunda Fey. Karena tulisan adalah abadi.

***

Oleh Fey Down

Hari Sabtu, tanggal 29 Oktober 2011 adalah hari yang sangat istimewa bagiku. Dan mungkin hanya sekali dalam hidupku. Aku dapat melihat  langsung Queen Elizabeth dan memotretnya dari jarak yang begitu dekat.

Di hari itu, masyarakat sejak pagi mulai berdatangan ke pusat kota. Pesawat-pesawat  helikopter berputar-putar di sepanjang tepian Swan River.  Pasukan berkuda hilir mudik memantau situasi.  Jalan jalan yang akan dilewati Ratu Elizabeth dibatasi oleh pagar sebatas dada orang dewasa yang dilapisi spanduk biru bertulisan Perth. Di balik pembatas inilah masyarakat menunggu dengan tertib.

Beberapa titik jalan di pusat kota Perth tak boleh dilewati oleh kendaraan. Penjagaan di sekitar Swan River, Barrack Street dan Esplanade sangat ketat. Polisi banyak sekali tapi mereka tidak menyeramkan atau over acting. Dengan ramah mereka menjawab setiap ada masyarakat yang bertanya. Acara ini terorganisisasi dengan baik.

Pada hari itu di sepanjang tepian sungai Swan, Perth diadakan acara amal “Big Aussie Barbecue” yang dihadiri oleh Queen Elizabeth. Tenda-tenda hijau berderet rapi dan layar besar terpasang di beberapa tempat. Kurang lebih 600 sukarelawan memanggang sosis dan dijual dengan harga 2 dolar, plus minuman 1 dolar. Seluruh hasil penjualan akan diserahkan kepada beberapa badan amal.

Suara lonceng terdengar dari menara Swan Bell, menyambut kedatangan Ratu Elizabeth dan rombongan yang bergerak perlahan dari Government House menuju Esplanade. Masyarakat menyambut dengan gembira sambil mengibarkan bendera. Pasangan Kerajaan Inggris tiba dengan mobil Range Rover bernomor plat lambang mahkota kerajaan.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip naik ke atas panggung terbuka, duduk bersama rombongan lainnya. Pembawa acara mengajak masyarakat menyanyikan lagu kebangsaan Inggris “God Save The Queen”. Lalu Ratu Elizabeth berpidato sejenak yang isinya bahwa pada hari ini ia akan kembali ke Inggris dengan membawa kenangan manis. Ia juga mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan CHOGM 2011 (Commonwealth Heads of Government Meetings) dan ucapan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari masyarakat Westen Australia. Tak lama kemudian terdengar lagu   kebangsaan Australia “Advance Australia Fair”.

Kemudian Ratu Elizabeth yang di damping oleh the Premier of Western Australia, Colin Barnett berjalan perlahan mendekati masyarakat. Memakai topi putih bergaris merah jambu, sepadan dengan baju yang dikenakan. Beliau tersenyum sambil sesekali berhenti menerima bunga dan cinderamata dari anak-anak  dan orang dewasa. Pangeran Philip menyusul di belakang karena beliau sibuk mampir di salah satu tenda dan membantu memanggang sea food sebentar.

Menurut pendapat saya, pasangan  kerajaan ini sangat dekat dengan masyarakat. “Well done, my love,“ demikian bunyi pesan pendek dari suamiku ketika dengan semangatnya aku memberitahu telah berhasil memotret Queen Elizabeth dalam jarak yang begitu dekat.

Mungkin bagi orang lain adalah hal yang biasa. Siapapun  dengan mudah dapat melihat foto- foto beliau. Tapi bagiku saat  itu  amatlah  istimewa. Aku dapat melihat langsung Ratu Inggris dan memotretnya. Ia telah kupotret dalam jarak yang begitu dekat!

*** Fey Down, penulis lepas, berdomisili di Western Australia

2 responses to “Fey Down: Wow, Ratu Elizabeth telah kupotret dalam jarak begitu dekat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s